Cara Membuat Google Form, Google Drive, dan Membagikannya

Posted on

Cara Membuat Google Form – Google Forms adalah aplikasi administrasi survei yang termasuk ke dalam suite Google Drive, bersama dengan Google Documents, Google Sheets, dan Google Slides. Google Forms memiliki semua fitur kolaborasi dan berbagi yang lazimnya ditemukan di Documents, Spreadsheet, dan Slide.

Google Forms adalah alat yang memungkinkan pengumpulan informasi dari pengguna melalui survei atau kuis yang dipersonalisasi. Informasi tersebut kemudian dikumpulkan dan secara otomatis terhubung ke spreadsheet.

Perkembangan Google Forms

Google Forms telah diperbarui selama bertahun-tahun. Fitur-fitur baru seperti pertanyaan acak, membatasi tanggapan, URL pendek, tema khusus, otomatis saran jawaban, dan opsi unggah file bagi pengguna.

Pada Oktober 2014, diperkenalkan add-on yang memungkinkan pengembang pihak ketiga membuat alat baru yang memungkinkan lebih banyak fitur dalam survei.

Pada bulan Juli 2017, Google memperbarui Formulir untuk menambahkan “Intelligent response validation” yang mampu mendeteksi input teks dan mengidentifikasi apa yang tertulis, serta meminta pengguna mengoreksi informasi ada kesalahan.

Pengguna dapat meminta unggahan file dari individu lain dengan batas penyimpanan awalnya sebesar 1 GB, yang dapat diubah menjadi 1 TB. Kotak centang baru memungkinkan jawaban multi-opsi dalam tabel.

Cara Membuat dan Menggunakan Google Forms

Pastikan bahwa kamu sudah memiliki akun Google Drive dan sudah “log in”. Setelah itu, lakukan langkah-langkah(Cara Membuat Google Form, Cara Buat Google Form, Cara Membuat Google Drive) berikut ini.

1. Buka alamat forms.google.com menggunakan web browser untuk membuatnya. Akan lebih simple (Cara Membuat Google Form, Cara Buat Google Form, Cara Membuat Google Drive)apabila kita membukanya dari Google Crome karena bisa terlihat jelas apakah kita sudah “log in” atau belum.

2. Klik kotak bersimbol plus dan bertuliskan “mulai bentuk baru”, atau pilih template sesuai yang tersedia di sana.

3. Ketika pertama kalinya membuat formulir, kita akan mendapat opsi untuk melakukan tour singkat mengenai pengenalan Google Forms. Setelah itu, kita sudah bisa mengisi formulir dengan cara memberi judul dan menambahkan deskripsi di bawahnya.

4. Selanjutnya memberikan pertanyaan. Klik simbol plus yang terletak di bilah kanan untuk menambahkan pertanyaan. Kita harus memilih jenis pertanyaan (pertanyaan multiple choice atau bentuk pertanyaan lain). Kita juga dapat menambahkan unsur-unsur lain seperti gambar, video, dan lainnya.

5. Langkah(Cara Membuat Google Form, Cara Buat Google Form, Cara Membuat Google Drive) selanjutnya akan bergantung pada jenis pertanyaan yang kita gunakan, kita dapat memberi keterangan lebih lanjut pada tiap-tiap pertanyaan.

Baca Juga  Daftar Aplikasi Foto Grid

6. Untuk mengubah tampilan formulir, pilih tema formulir dengan cara klik ikon palet lukisan yang terletak di bilah alat di bagian kanan atas layar. Cara ini juga memungkinkan kita untuk menyesuaikan elemen-elemen seperti gambar tajuk, warna tema, warna latar belakang, dan gaya font.

7. (Langkah Cara Membuat Google Form, Cara Buat Google Form, Cara Membuat Google Drive Opsional) Pengaturan lebih lanjut. Kita dapat masuk pengaturan dengan cara klik ikon roda gigi di bilah alat atas untuk menyesuaikan formulir lebih lanjut. Beberapa pengaturan yang dapat dilakukan pada bagian pengaturan adalah sebagai berikut.

a) Mengumpulkan alamat email pemirsa yang akan mendapatkan formulir.
b) Memilih apakah akan memberikan responden opsi atau tidak untuk mendapatkan salinan tanggapan mereka, atau mengirimnya secara otomatis.
c) Memberikan pemirsa pilihan apakah mereka bisa mengedit tanggapan mereka setelah mengirim atau tidak.
d) Mengubah pesan konfirmasi pada penerima formulir.
e) Mengubah formulir menjadi kuis yang akan memberikan nilai atau poin untuk setiap pertanyaan kemudian menilai secara otomatis jawaban.

8. Untuk mendapatkan pratinjau formulir (Cara Membuat Google Form, Cara Buat Google Form, Cara Membuat Google Drive)dengan mengklik ikon mata di bilah alat di bagian atas layar, untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

9. Klik “kirim” di bagian kanan atas layar. Nantinya akan muncul layar yang mengharuskan kita untuk mengisi alamat email, baris subjek pesan, formulir dalam email, menambahkan kolaborator, tautan formulir, dan kode HTML untuk dibagikan.

10. Klik “KIRIM.”
Kita dapat menghapus atau menduplikasi pertanyaan dengan cara klik tempat sampah atau ikon persegi panjang berlapis, yang terletak di bawah setiap pertanyaan. Kita juga selalu dapat melihat ulang pertanyaan dengan cara klik dan menyeret persegi panjang enam titik yang terletak di atas setiap pertanyaan.

Cara Membuat Google Drive

Membuat Google Drive(Cara Membuat Google Form, Cara Buat Google Form, Cara Membuat Google Drive, Membuat Google Form, Google Docs Forms, Google Form Adalah, Cara Mengirim File Lewat Google Drive, Cara Share Link Google Drive) sangatlah mudah.

Yang perlu dipastikan adalah bahwa kita sudah memiliki email dari gmail sebelumnya. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Silahkan masuk ke alamat https://drive.google.com
2. Selanjutnya, kita akan diminta login untuk melanjutkan ke Google Drive. Bagi yang belum memiliki akun, klik “Buat Akun”. Lalu, isi semua kolom yang diminta.

Baca Juga  Cara Melacak HP yang Hilang

3. Setelah kita berhasil masuk di halaman utama Google Drive, klik ikon plus atau “new” yang ada di bilah kanan.

4. Selanjutnya, pilih “Folder”. Folder ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan data atau file-file yang akan kita unggah.

5. Pada kotak dialog “New Folder”, tuliskan nama folder yang kita inginkan dan selesaikan(Cara Membuat Google Form, Cara Buat Google Form, Cara Membuat Google Drive) dengan cara klik “Buat”.

Sampai pada tahap ini, pembuatan Google Drive(Cara Membuat Google Form, Cara Buat Google Form, Cara Membuat Google Drive) telah selesai dilakukan. Selanjutnya kita dapat menggunakannya untuk menyimpan semua file-file.

Membagikan file dari Google Drive

Kita dapat membagikan sebuah file atau folder yang disimpan di Google Drive kita dengan siapa saja yang kita kehendaki. Ketika berbagi file dari Google Drive, kita masih bisa mengontrol apakah orang dapat mengedit, mengomentari, atau hanya melihat file saja.

Dengan berbagi, kita bisa mengerjakan sebuah file bersama sama. Agar dapat mengedit file Microsoft Office bersama-sama dengan orang lain, kita harus mengonversinya ke Google Dokumen, Spreadsheet, atau Slide.

Langkah 1: Temukan file yang ingin dibagikan

1. Buka Google Drive, Dokumen, Spreadsheet, atau Slide.
2. Klik file yang ingin dibagikan.
3. Setelah file terunggah, klik “Bagikan” atau ikon orang dengan tanda plus.

Langkah 2: Pilih siapa yang diajak berbagi & seberapa jauh mereka dapat menggunakan file kita nantinya

1. Di bawah ikon “orang”, masukkan alamat email orang yang ingin ajak berbagi. Apabila membagikan file selain email gmail, mereka hanya dapat melihat file tersebut.

2. Untuk mengatur tindakan yang dapat dilakukan penerima file, klik ikon panah bawah.

3. Jika kita tidak ingin mengirim email ke orang lain, klik Lanjutan dan hapus centang dari kotak “beritahu orang”. Jika kita memilih untuk memberi tahu orang, setiap alamat email yang kita masukkan akan disertakan dalam email.

4. Klik Kirim.

Itulah tadi uraian seputar cara membuat dan menggunakan google form (Cara Membuat Google Form, Cara Buat Google Form, Cara Membuat Google Drive).

(Visited 11 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *