Cara Membuat Email Gmail dan Yahoo

Posted on

Cara Membuat Email – Surel atau email memang telah menjadi tanda identitas yang penting untuk digunakan dalam dunia internet. Selain fungsi utamanya dalam mengirim pesan, email kini memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk berbagai hal.

Email juga tidak hanya dapat digunakan untuk membaca teks, melainkan juga gambar dan video. Oleh karena itu, tidak heran jika lazimnya setiap orang memiliki satu email untuk syarat mengakses konten-konten tertentu.

Untuk itu, kita harus tahu cara mendapatkan email (cara membuat email, cara membuat email Gmail, cara membuat email Yahoo). Sebelum itu, kita dapat memilih penyedia email yang jumlahnya ada banyak.

Jenis-Jenis Email

Ada banyak jenis email di internet. Walaupun memiliki fungsi yang sama, yaitu mengirim dan menerima pesan digital, tetapi email dapat dikelompokkan berdasarkan keunggulan fitur yang disediakan. Beberapa jenis email setidaknya adalah sebagai berikut.

1. The Welcome Email
2. The Offer Email
3. The Survey Email
4. The Request Email
5. The Newsletter Email
6. The Free Gift Email
7. The Value Email
8. The We’re Hiring Email
9. The New Product Email
10. The Reorder Email
11. The Abandoned Cart Email
12. The Announcement Email

Berbagai Penyedia Layanan Email

Ada banyak sekali penyedia akun email gratis di internet. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekhususan sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa penyedia layanan pembuatan email.

1. Gmail
Keunggulan utama dari layanan email bagian dari google ini adalah Native File Collaboration, yang bisa dihubungkan dengan berbagai fitur lain seperti Google Drive.

2. AOL
Keunggulan utama yang disediakan oleh penyedia layanan email ini adalah Unlimited Storage atau kita tidak perlu melakukan upgrade ke mode berbayar.

3. Outlook
Keunggulan utama dari penyedia layanan email ini adalah Multiple App Integrations atau dapat diterapkan pada beberapa aplikasi populer.

4. Zoho
Keunggulan utamanya adalah menyediakan 25 Business Addresses.

5. Mail.com
Keunggulan utamany adalah 200 Custom Domain Names atau memungkinkan kita untuk membuat beberapa nama email.

6. Yahoo! Mail
Keunggulan utamanya adalah Media and attachment history, selain tentu saja ruang penyimpanan yang sangat banyak.

7. ProtonMail
Keunggulan utamanya adalah Encrypted email, sehingga layanan email ini sangat sesuai bagi seseorang yang kerap mengirimkan surel penting atau bisnis.

Baca Juga  Pengertian dan Cara Membuat Footnote

Dari beberapa email tersebut, layanan penyedia Gmail dan Yahoo adalah yang paling banyak di gunakan, khususnya di Indonesia. Hal itu karena fitur-fitur yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, pembuatan akunnya juga mudah.

Simak langkah membuat (cara membuat email, cara membuat email Gmail, cara membuat email Yahoo) berikut ini.

Cara Membuat Email Gmail

Membuat akun gmail dapat dilakukan dengan mudah dan gratis. Gratis yang dimaksud sebenarnya untuk ukuran 15gb pertama. Setelah penggunaan kuota sebesar 15 gb, kita akan diharuskan meng-upgrade ke mode berbayar.

Meskipun begitu, tidak banyak orang yang menghabiskan kuota 15 gb tersebut sehingga terasa gratis selamanya. Nah, langkah membuat (cara membuat email, cara membuat email Gmail, cara membuat email Yahoo) akun gmail adalah sebagai berikut:

Catatan:
Untuk membuat (cara membuat email, cara membuat email Gmail, cara membuat email Yahoo) alamat Gmail, kita harus terlebih dahulu membuat akun Google. Gmail akan mengarahkan kita ke halaman pendaftaran akun Google.

Kita harus memberikan beberapa informasi dasar seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lokasi kita. Kita juga perlu memilih nama untuk alamat Gmail baru. Setelah membuat akun, kita dapat mulai menambahkan kontak dan menyesuaikan pengaturan email.

1. Kunjungi halaman daftar gmail di www.gmail.com.

2. Klik “Create account”.

3. Setelah itu, formulir pendaftaran akan muncul. Ikuti petunjuk dengan memasukkan informasi yang diperlukan.

4. Selanjutnya, masukkan nomor telepon kita untuk memverifikasi akun kita. Pastikan nomor telepon itu sedang kita meiliki karena kita akan membaca pesan dari sana. Google menggunakan proses verifikasi dua langkah untuk keamanan kita.

5. kita akan menerima pesan teks dari Google dengan kode verifikasi. Masukkan kode untuk menyelesaikan verifikasi akun.

6. Selanjutnya, kita akan melihat formulir untuk memasukkan beberapa informasi pribadi kita, seperti nama dan tanggal lahir kita. penting untuk memilih kata sandi yang kuat atau kata sandi yang sulit ditebak orang lain.

7. Tinjau Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi Google, lalu klik Saya setuju.

8. Akun kita akan dibuat dan bisa digunakan.

Cara Membuat Email Yahoo

Ketika kita akan mendaftar (cara membuat email, cara membuat email Gmail, cara membuat email Yahoo) akun Yahoo baru, kita akan mendapatkan alamat email @yahoo.com gratis. Gratis yang dimaksud adalah gratis 1 TB penyimpanan online pertama.

Baca Juga  Cara Menghapus File dan Aplikasi di Laptop

Kapasitas itu sangat cukup untuk jutaan email dengan lampiran besar sehingga sangat kecil kemungkinan harus melakukan upgrade.

Sebenarnya, akun Yahoo lebih dari sekadar penyedia email. Menggunakan akun Yahoo, kita akan memiliki akses ke berbagai fitur Yahoo, seperti feed berita, kalender, notepad, buku alamat, dan banyak lagi.

Menggunakan akun Yahoo, kita juga dapat mengelola akun email lain seperti Gmail dan Outlook, dari dalam Yahoo Mail. Yang paling sering digunakan adalah konnfigurasi balasan otomatis saat kita berlibur.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah (cara membuat email, cara membuat email Gmail, cara membuat email Yahoo) membuat akun baru Yahoo Mail. Cara terbaik untuk membuat akun Yahoo baru adalah melalui situs web desktop, yaitu sebagai berikut:

1. Kunjungi halaman daftar Yahoo di https://login.yahoo.com/account/create.

2. Isi formulir dengan nama depan dan belakang kita, nama pengguna yang ingin kita gunakan untuk alamat email Yahoo kita yang baru, kata sandi, nomor telepon dan tanggal lahir kita, dan juga jenis kelamin kita.

Kita harus membuat kata sandi yang kuat untuk membantu mencegah seseorang menebaknya. Jika terlalu sulit untuk kita ingat, pertimbangkan untuk menyimpannya di pengelola kata sandi. Nomor telepon kita digunakan untuk pemulihan akun. Kita bisa mendapatkan nomor telepon virtual jika kita lebih suka tidak menggunakan yang asli.

3. Klik Continue.

4. Klik ” Text me an Account Key or Call me with a verification” untuk mengonfirmasi bahwa kita memiliki telepon yang dikaitkan dengan nomor telepon itu.

5. Masukkan kunci untuk memverifikasi bahwa kita memiliki akses ke telepon itu, lalu klik Verifikasi.

6. Klik Lanjutkan.

7. Kita akan diarahkan ke beranda Yahoo. Kita dapat mengakses Yahoo Mail dengan mengklik Mail di sudut kanan atas halaman, atau dengan mengakses URL mail.yahoo.com.

Itulah tadi uraian mengenai cara membuat email (cara membuat email, cara membuat email Gmail, cara membuat email Yahoo) yang mudah untuk dilakukan. Apabila kita memiliki hosting website, kita juga dapat membuat email dengan domain kita sendiri.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *