Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan IMEI

Posted on

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan IMEI – International Mobile Equipment Identity atau IMEI adalah sebuah kode unik berjumlah 15 digit yang membuat satu handphone memiliki identitas berbeda dengan handphone lainnya. Kode 15 digit tersebutlah yang menjadi identitas handphone. IMEI ini bisa digunakan untuk kunci keamanan hingga kontrol jarak jauh.

Ketika sebuah handphone digunakan untuk melakukan aktivitas, maka nomor IMEI-nya akan tercatat. Dengan cara ini, handphone dapat dilacak keberadaannya jika diperlukan. Meskipun begitu, akses untuk melacak IMEI hanya bagi pihak keamanan.

Kelebihan Pelacakan IMEI

Ketimbang Blutooth atau GPS, pelacakan menggunakan IMEI lebih bisa diandalkan. IMEI tidak memiliki batasan jarak seperti yang ada pada Blutooth atau GPS. IMEI juga tidak mungkin memiliki kesamaan atau akun ganda, sehingga sangat otentik bagi tiap-tiap handphone.

IMEI juga lebih terjaga privasinya. Penggunaan IMEI biasanya hanya dapat dilakukan oleh operator atau pun pihak kepolisian untuk keperluan tertentu. Programer atau selain pemilik handphone tidak memiliki kewenangan menggunakan IMEI.

Umumnya, setiap handphone hanya akan memiliki satu IMEI saja. Namun, bagi handphone yang mendukung double SIM, lazimnya akan memiliki dua IMEI. Nomor IMEI tersebut tetap akan identik dan hanya ada bagi handphone tersebut.

Cara Mengetahui IMEI

Sebelum melakukan langkah atau cara melacak HP yang hilang dengan IMEI, tentu kita harus mengetahui IMEI handphone. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui IMEI kita, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Lihat di kotak kardus pembelian.

Jika handphone sudah terlanjur hilang, maka kita dapat melihat IMEI di kotak pack pembelian. Sales atau penjual biasanya juga akan mencatat IMEI sebagai bukti pengeluaran barang dari tokonya. Jadi, bisa saja IMEI kita ada di nota pembelian.

Baca Juga  Aplikasi Video Bokeh Terpopuler

Umumnya nomor IMEI adalah semacam stiker yang ditempelkan di luar kotak atau di kartu garansi. Ada juga beberapa merek handphone yang menempelkan informasi IMEI di bagian belakang handphone. Inilah pentingnya memindahkan stiker IMEI pada handphone baru.

Gunakan kode panggilan.

Untuk berjaga-jaga, memang ada baiknya sejak awal kita mengetahui IMEI kita. Dari handphone yang aktif, kita dapat memanggil di nomor kode *#06#. Panggilan ini akan menginformasikan IMEI dari handphone yang digunakan untuk melakukan panggilan.

Lihat menu pengaturan.

Setiap handphone memiliki menu pengaturan atau informasi detil mengenai handphone. Misalnya, silahkan masuk ke bagian setting, lalu cari about phone. Setelah kita mengetuk “about phone”, biasanya akan muncul pop up yang berisi mengenai type handphone dan juga IMEI.

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan IMEI

Setelah mendapatkan berapa IMEI kita, maka selanjutnya dapat dilakukan cara melacak HP yang hilang dengan IMEI yang mudah. Kita dapat memanfaatkan beberapa aplikai gratis yang ada di Google Play, seperti Find Lost Phone, Find My Device, SeekDroid: Find My Phone. Misalnya cara melacak HP yang hilang dengan IMEI menggunakan AntiTheft App & IMEI Tracker All Phone Location.

Pertama-tama, download dan instal AntiTheft App & IMEI Tracker All Phone Location di Google Play. Untuk dapat memasang aplikasi ini, kita harus menggunakan Android versi 4.4 atau yang lebih baru. Mengenai handphone yang dilacak, spesifikasinya tidak bersyarat.

Selanjutnya, setelah aplikasi dijalankan, kita akan diminta untuk menyetujui pencatatan informasi seperti kontak, panggilan, penyimpanan, SMS, dan lokasi. Hal ini agar aplikasi dapat melacak keberadaan handphone.

Untuk versi gratis, cara melacak HP yang hilang dengan IMEI menggunakan aplikasi ini akan mengharuskan kita menonton iklan. Dengan arti lain, kita memang harus dalam keadaan online ketika menjalankan langkah-langkah ini.

Baca Juga  Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Aplikasi

Setelah iklan selesai, kita akan diminta untuk memasukkan IMEI handphone yang hilang. Tekan “tracks” atau tombol sejenisnya untuk menjalankan pemindaian. Setelah dilakukan pemindaian, biasanya akan ditunjukkan beberapa tempat di mana handphone itu pernah berada.

Nah, setelah itu, kita bisa mendatangi tempat-tempat yang tercatat di aplikasi. Sampai di sini, cara melacak HP yang hilang dengan IMEI sudah selesai. Aplikasi ini tidak bisa berbuat lebih banyak, meskipun ini sudah sangat membantu.

Cara kerja aplikasi ini masih belum banyak yang mengetahui. Namun, kami perkirakan cara kerja atau cara melacak HP yang hilang dengan IMEI yang dilakukan adalah dengan mencatat waktu online-nya.

Dengan arti lain, apabila sejak dicuri hingga pelacakan yang kita lakukan, handphone tersebut belum pernah dinyalakan, maka kita akan kesulitan. Namun, apabila sekali saja dinyalakan dan ada transaksi yang dilakukan (misalnya SMS dari operator), maka akan ada catatan.

Catatan: IMEI dapat diubah

Ada beberapa pencuri yang mengetahui teknologi. Mereka dapat mengganti IMEI atau setidaknya menokaktifkan. Masalah apakah fitur yang ada pada handphone tersebut menjadi terbatas atau tidak, itu bukan urusan kita. Namun, yang jelan handphone tersebut menjadi tidak bisa kita lacak.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *