Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

Posted on

Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati – Jika kita sudah memiliki aplikasi tracker seperti mSpy atau FlexiSpy, kita akan lebih mudah menemukan smartphone yang hilang. Aplikasi semacam itu biasanya dapat  disembunyikan di perangkat, sehingga pengguna ponsel (atau pencuri), tidak mengetahui sedang dilacak.

iPhone-Theif

Aplikasi-aplikasi tersebut akan mengirimkan kita informasi tentang lokasi handphone dan akan menemukan identitas siapa pun pemilik barunya. Caranya adalah dengan melacak lokasi dan media sosial, memantau panggilan, aplikasi obrolan, Instagram, dan lainnya. 

Namun, bagaimana jika handphone kita dalam keadaan mati? Menemukan handphone yang hilang dalam keadaan mati atau dicuri dan dimatikan dalam waktu yang sangat lama akan lebih sulit dilakukan. Namun, cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati masih bisa dilakukan. 

Menemukan Handphone yang Mati

Pada dasarnya, kita dapat melacak handphone yang hilang hanya menggunakan umpan balik pesan. Misalnya, kita mengirimkan pesan dan mencari tahu di mana pesan itu diterima. Akan tetapi, dalam keadaan handphone mati, informasi realtime tidak mungkin didapatkan. 

Cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati masih bisa kita lakukan dengan melihat history handphone tersebut dihidupkan. Apabila handphone tersebut pernah digunakan untuk mengoperasikan sesuatu, maka semua datanya akan tercatat. 

Berikut ini adalah beberapa cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati. Keberhasilannya tidak tinggi, tetapi masih cukup mungkin untuk dilakukan. 

  • Menemukan Handphone Melalui Operator Kartu SIM

Pencuri yang mengetahui cara pelacakan handphone akan mematikan data atau sinyal supaya tidak dapat dipaksa menerima pesan umpan balik. Hal ini membuat lebih sulit untuk menemukan ponsel curian atau memetakan ponsel dari jarak jauh. 

Bahkan, dengan mematikan sinyal, teknologi kepolisian juga tidak memungkinkan untuk mencari ponsel yang hilang. Apabila menggunakan kode IMEI dan nomor telepon, kepolisian tetap arus berkolaborasi dengan penyedia operator dan produsen telepon terlebih dahulu. 

Melalui bantuan operator SIM, kita akan dapat mengetahui kapan terakhir kali handphone dihidupkan. 

  • Menemukan Handphone hilang menggunakan Google

Selain kekhawatiran bahwa perangkat lunak, seperti Google, akan memanen informasi, kita juga mendapat keuntungan apabila terus menghubungkan handphone dengan akun google.

Salah satu cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati termudah adalah menggunakan Google. Tentu saja, kita memerlukan akun google kita yang terhubung dengan handphone. 

Caranya adalah dengan masuk ke https://android.com/find dan kemudian sign in menggunakan Google account. Setelah melakukan langkah tersebut, kita akan mendapat laporan mengenai koneksi yang digunakan dan bahkan daya batrei tersisa. 

Baca Juga  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Selanjutnya, kita dapat dapat menemukan, mengunci, atau menghapus perangkat Android kita dari jarak jauh.

  • Menemukan Handphone Hilang Menggunakan Fitur Find my Device
find my device

Fitur Find my Device adalah layanan yang ditawarkan oleh Google, sebagai bagian dari Google Play Protect. Kita dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk melacak perangkat Android yang hilang, baik itu ponsel, tablet, atau jam tangan. 

Find my Device akan bertindak sebagai phone finder yang cukup akurat. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan perangkat kita di peta Google, dan bahkan menampilkan peta dalam ruangan bangunan. 

Kita juga dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk mengunci perangkathandphone, sehingga hanya menyisakan pesan dan nomor kontak di layar. 

Untuk menggunakannya, buka portal Google “Temukan Perangkat Saya” dan masuk menggunakan akun Google yang telah ditautkan ke smartphone kita. Nantinya kita akan melihat lokasi terakhir sebelum handphone dimatikan.

  1. Find My Mobile untuk Samsung
find my mobile samsung

Pengguna Samsung memiliki satu lagi cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati, yaitu menggunakan Find My Mobile. Find My Mobile adalah aplikasi eksklusif untuk perangkat handphone merek Samsung. 

Aplikasi bawaan ini akan membantu kita menemukan ponsel yang hilang. Caranya adalah dengan pergi ke platform Samsung Find My Mobile dan masuk dengan ID Samsung kita. Dengan begitu, kita akan melihat lokasi di peta segera. 

Pelacakan menggunakan perangkat lunak ini akan menunjukkan lokasi terakhir yang tercatat jika ponsel tersebut telah dimatikan. Selain itu, aplikasi ini juga akan membantu kita membuka kunci ponsel ketika nantinya sudah ditemukan. 

  • Find My iPhone – untuk Perangkat Apple
find my iphone

Find My iPhone adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu kita menemukan perangkat iPhone, iPad, Apple Watch, iPod touch, Mac, atau set AirPod yang dicuri atau hilang. 

Melalui aplikasi ini, kita juga dapat mengaktifkan “Kunci Aktivasi”. Dengan begitu, fitur tersebut akan menghentikan orang lain menggunakan perangkat kita. Aplikasi ini bekerja dengan cara menunjukkan lokasi di peta. 

Jika kita ingin menggunakannya, kita harus mengaktifkan aplikasi bawaan ini terlebih dahulu di iPhone. Setelah itu, selama kita tahu ID Apple bawaan perangkat, kita dapat masuk ke fitur Find my Phone Apple untuk menemukan ponsel kita dengan mudah.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android

Ketika telepon hilang atau dicuri, ponsel dimatikan atau kehabisan baterai. Oleh sebab itu, kita melacak lokasi terakhir yang diketahui, tetapi harus cepat supaya tidak usang. 

Lokasi terakhir yang tercatat dari iPhone akan tersedia hanya untuk satu hari saja. Setelah 24 jam, aplikasi ini akan berhenti menunjukkan lokasi sebelumnya. Kita tidak memiliki history secara permanen. 

Jika perangkat iPhone yang hilang telah dimatikan, kita masih dapat mengaktifkan Mode Hilang atau menghapus datanya dari jarak jauh dengan aplikasi Find My iPhone ini. 

  • Menemukan Handphone Hilang Melalui Layanan Online 
phone-tracking

Berharap bahwa pencuri handphone kita merupakan orang yang tidak terlalu mengerti teknologi adalah harapan terakhir. Apabila dia menggunakan beberapa fitur seperti penanda lokasi, kamera, dan penyimpanan data, maka kita dapat menemukannya. 

Pada dasarnya, handphone yang dicuri tetap akan dihidupkan dan digunakan. Nah, menghubungkan perangkat bawaan handphone dengan perangkat online memiliki keuntungan dalam pelacakkan ini. 

Misalnya, cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati adalah dengan sering mengecek akun-akun kita di bawah ini. 

Your Timeline (Location History)
Kita perlu mengunduhnya di handphone. Perangkat lunak ini dirancang untuk membantu melacak semua tempat yang pernah dikunjungi handphone. Dengan begitu kita tahu di sekitar mana handphone berada. 

Dropbox
Dropbox adalah sistem penyimpanan yang menyimpan setiap gambar yang diambil seseorang menggunakan gadget kita. Oleh sebab itu, kita dapat mengidentifikasi lokasi dan gambar di lokasi mana yang diambil. 

Google Photos
Perangkat lunak ini dapat berfungsi jika sebelumnya kita telah mengaktifkan cadangan dan sinkronisasi di Foto Google. Dengan begitu, semua foto baru yang diambil dengan ponsel kita akan muncul di akun kita bersama dengan nama tempat foto diambil. 

Itulah tadi cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati, yang bisa dilakukan. Cara-cara tersebut tidak dapat secara pasti dapat bekerja, tetapi masih sangat mungkin untuk dilakukan. Hal itu karena pada dasarnya, tanpa pemasangan aplikasi pelacak sebelumnya, cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati sangat sulit dilakukan. 

(Visited 4 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *