Cara Belajar IELTS Otodidak

Posted on

Cara Belajar IELTS Otodidak – Banyak orang mempersiapkan diri untuk menghadapi tes IELTS dengan cara mengikuti kursus. Namun, tidak jarang juga orang yang berhasil mendapatkan nilai diatas 6,5 hanya dengan belajar sendiri.

Belajar IELTS(belajar IELTS, belajar IELTS otodidak, cara belajar IELTS otodidak) dilakukan karena berbagai faktor, salah satunya adalah biaya yang cukup mahal. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba belajar IELTS di rumah, perhatikan tips dan langkah berikut. Pastikan juga kamu memiliki waktu setidaknya 3 bulan sebelum hari pers tersebut dilaksanakan.

1. Pastikan Target Nilai yang Ketahui Kriteria untuk Mendapatkan Nilai Tersebut

Tes IELTS memiliki rentang nilai dari 1 hingga 9. Masing-masing nilai tersebut memiliki kriteria tersendiri sehingga sebenarnya kamu tidak akan harus memenuhi standar tertentu untuk dinyatakan lulus.
Oleh karena itu, kamu harus membuat standar sendiri mengenai berapa nilai yang harus kamu capai. Apabila sudah menentukan skor yang akan dicapai, selanjutnya penuhi kriteria kemampuan mengerjakan pada skor tersebut.
Berikut ini adalah gambaran masing-masing kriteria untuk mendapatkan skor dalam tes ielts.

a) Skor 0 untuk yang tidak mengerjakan sama sekali.
b) Skor 1 untuk kemampuan menggunakan bahasa secara sangat terbatas.
c) Skor 2 untuk kemampuan berkomunikasi hanya menggunakan kata-kata dasar.
d) Skor 3 untuk kemampuan menyampaikan informasi sangat terbatas dan memahami arti sangat sempit.
e) Skor 4 untuk kemampuan memahami bahasa yang sederhana atau tidak rumit.
f) Skor 5 untuk kemampuan memahami konteks secara terbatas atau menceritakan sebuah bidang tertentu.
g) Skor 6 untuk kemampuan cukup dalam memahami perintah bahasa.
h) Skor 7 untuk kemampuan memahami bahasa rumit.
i) Skor 8 untuk kemampuan sangat baik dalam menjelaskan argumen-argumen.
j) Skor 9 untuk kemampuan sangat lengkap mengenai bahasa inggris.

Baca Juga  Ingin Belajar Bahasa Inggris Cepat Tanpa Kursus? Begini Caranya

Selanjutnya kamu dapat memaksimalkan kemampuan ketika belajar menghadapi tes IELTS(belajar IELTS, belajar IELTS otodidak, cara belajar IELTS otodidak) untuk mendapatkan kriteria tersebut.

2. Kenali Kemampuan Diri

Dari 4 unsur kebahasaan(listening, writing, reading, speaking) yang akan di ujikan dalam ielts, harus diukur mana yang paling rendah atau yang paling butuh untuk diperdalam. Setelah itu, barulah siapkan trik-trik untuk mempelajari masing-masing unsur kebahasaan tersebut.

Misalnya, untuk memperdalam listening kamu bisa member saring mendengarkan lagu berbahasa inggris ataupun melihat film dan video berbahasa inggris.

Sementara untuk latihan menulis dan membaca, kamu bisa memilih teks teks wacana utuh seperti teks berita. Dengan banyak membaca wacana utuh, kamu bisa mengetahui gramatikal dalam bahasa inggris lebih dalam.

3. Perbanyak Pengetahuan Mengenai Bentuk Soal Tes IELTS

Setelah kamu memperdalam bahasa inggris secara umum, maka satu-satunya cara untuk belajar IELTS(belajar IELTS, belajar IELTS otodidak, cara belajar IELTS otodidak) adalah dengan mencari soal-soal yang kini sudah banyak disediakan secara gratis oleh website di internet.

Kamu tidak perlu menganggap koteks dan konteks di dalam soal tersebut sebagai sesuatu yang akan kamu hadapi di tes ielts yang sesungguhnya. Cukup pahami bentuk soal dan bagaimana cara mengerjakannya dengan cepat.
Koteks dan konteks soal tes IELTS akan kamu dapatkan ketika mengikuti ielts preparation.

4. Ikuti IELTS Preparation

Sebelum mengikuti tes IELTS yang sesungguhnya, alangkah lebih baiknya mengikuti IELTS preparation terlebih dahulu. Selain untuk menghemat biaya dan waktu, kita juga bisa mendapatkan tips-tips dari mentor yang mengadakan IELTS preparation.

Nantinya, kamu akan mendapatkan analisis mengenai keunggulan dan kekurangan kamu dalam mengerjakan soal IELTS. Kamu juga akan lebih akrab dengan soal-soal yang nantinya juga akan kamu temui pada tes IELTS yang sebenarnya.

Baca Juga  Kumpulan Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris oleh Para Tokoh

Nah itu tadi adalah ulasan mengenai cara menghadapi tes IELTS(belajar IELTS, belajar IELTS otodidak, cara belajar IELTS otodidak). Untuk mendapatkan informasi supaya lebih banyak, kamu dapat mengunjungi website westwoodprep.com

(Visited 237 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *