Buku bahasa Jerman Pilihan

Posted on

Buku bahasa Jerman – Ketika belajar bahasa Jerman, tentu kita akan membutuhkan buku bahasa Jerman sebagai panduan. Ada beberapa buku bahasa Jerman yang bisa digunakan dan menjadi dasar pembelajaran. Dalam memilih buku, kita harus menyesuaikan kemampuan yang kita miliki.

Memahami Tingkatan Kemampuan Berbahasa Jerman

Sewaktu akan membeli buku bahasa Jerman sebagai tuntunan belajar, tentu kita harus memahami kemampuan yang akan dicapai dan kemampuan yang sudah dimiliki. Secara umum, ada 6 tingkatan kemampuan berbahasa Jerman, yaitu:

A1: Einstieg atau Beginner
A2: Grundlagen atau Elementary
B1: Mittelstufe atau Intermediate
B2: Gute Mittelstufe atau Upper Intermediate
C1: Fortgeschrittene Kenntnisse atau Advanced
C2: Exzellente atau Kenntnisse Proficiency yang dimiliki oleh penutur asli

Apabila dipetakan bobot belajarnya, maka kesulitan tingkat A1 + A2 + B1 = tingkat kesulitan B2 + C1 = tingkat kesulitan C2. Oleh sebab itu, kita memerlukan buku bahasa Jerman yang sesuai supaya pemetaan belajar menjadi lebih baik.

Berbagai Buku Bahasa Jerman Pilihan

Ada banyak sekali buku bahasa Jerman yang dapat digunakan sebagai tuntunan belajar, baik cetakan dalam negeri atau pun asli cetakan dan berdasarkan kurikulum Eropa. Beberapa buku panduan belajar bahasa Jerman yang paling banyak dicari adalah sebagai berikut.

Buku Panduna Belajar Bahasa Jerman

1. Pada level kemampuan A1+A2+B1, buku panduan belajar bahasa Jerman yang cocok digunakan adalah: Berliner Platz 1, 2 and 3 (oleh Langenscheidt)
2. Pada level kemampuan B1+B2+C1, buku panduan belajar bahasa Jerman yang cocok digunakan adalah: EM Brückenkurs, Hauptkurs, dan Abschlusskurs (oleh Hueber) serta Mittelpunkt neu (oleh Klett)

Buku Bahasa Jerman Khusus Gramatikal

Selain buku-buku pelajaran, buku yang khusus digunakan untuk belajar gramatikal dalam bahasa Jerman juga harus disesuaikan dengan level kemampuan.

Baca Juga  Ini Pentingnya Ikut Les Bahasa Jerman Bagi Anak

1. Pada level kemampuan A1+A2+B1, buku panduan belajar bahasa Jerman yang cocok digunakan adalah: Grundstufen-Grammatik (oleh Hueber)
2. Pada level kemampuan B+B2, buku panduan belajar bahasa Jerman yang cocok digunakan adalah: EM Übungsgrammatik (oleh Hueber) dan Kompaktgrammatik (oleh Cornelsen)
3. Pada level kemampuan B2+C1, buku panduan belajar bahasa Jerman yang cocok digunakan adalah: Übungsgrammatik für Forgeschrittene (oleh Hueber)

Kamus Bahasa Jerman

Selain buku bahasa Jerman yang memuat materi-materi khusus, kita juga akan membutuhkan kamus untuk menemukan kosa kata baru dan mengkonfirmasi kata-kata yang belum dimengerti maknanya.

Kita bisa mendapatkan kamus bahasa Indonesia-Jerman dengan mudah di pasaran dan dengan harga beragam. Meskipun begitu, kamus bahasa Jerman yang sering digunakan adalah Deutsche als Fremdsprache: Grund- und Mittelstufe (oleh Hueber).

Buku Pilihan Lainnya

Selain buku-buku di atas, ada juga beberapa buku yang biasa digunakan untuk belajar bahasa Jerman. bubu berikut lebih mudah didapatkan di Indonesia.

1. Netzwerk A1, A2, dan B1 (dijual dengan harga Rp300.000 – Rp500.000)
2. Studio D A1, A2 dan B1 (dijual dengan harga Rp300.000 – Rp500.000)
3. Studio D B2/1 Deutsch als Fremdsprache Die Mittelstufe (dijual dengan harga sekitar Rp750.000)
4. Aspekte neu B1 Plus Mittelstufe Deutsch (dijual dengan harga sekitar Rp1.000.000)
5. Aspekte neu B2 Mittelstufe Deutsch (dijual dengan harga sekitar Rp1.000.000)
6. Kamus Langenscheit Grosserwoerterbuch Deutsch als Fremsprache (dijual dengan harga sekitar Rp800.000)

Itulah tadi beberapa buku panduan belajar bahasa Jerman pilihan. Apabila memilih membeli buku asli, maka lazimnya kita akan mendapatkan beberapa perangkat tambahan selain buku, seperti CD audio dan beberapa perangkat lain.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Baca Juga  3 Beasiswa S2 Jerman Yang Paling Bergengsi Dan Mendunia
Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *