budaya jerman

Festival Budaya Jerman yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Posted on

Budaya Jerman – Jerman bukan hanya terkenal dengan sejarahnya namun juga terkenal dengan berbagai macam budaya. Mulai dari makanan, pakaian hingga acara seperti festival adalah kebudayaan penting yang tidak boleh dilewatkan pada saat berkunjung ke sana.

Setiap bulannya di setiap kota-kota di Jerman banyak diadakan festival. Festival ini pada yang termasuk modern dan juga ada pula yang termasuk festival tradisional. Menariknya setiap festival di Jerman tersebut selalu dikunjungi oleh ratusan pengunjung baik penduduk lokal maupun wisatawan mancanegara.

Baca Juga  Perkenalan Bahasa Jerman dengan Dialog 2 Orang dan Artinya

Dari banyaknya festival budaya yang digelar tentu saja ada beberapa yang tidak boleh dilewatkan. Apabila kamu sedang berkunjung ke Jerman jangan ketinggalan untuk mengikuti festival-festival ini. Catat tanggal dan dimana festival tersebut diselenggarakan.

budaya jerman

Nama-Nama Festival Kebudayaan Jerman

Budaya Jerman memang tidak lepas dari yang namanya festival. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati hari besar dan sejarah. Nah apa saja festival yang diselenggarakan di Jerman? Berikut ini festival yang sayang untuk dilewatkan.

Oktoberfest di Munich

Salah satu festival yang terbesar dan diselenggarakan setiap tahunnya adalah Oktoberfest. Sesuai namanya festival ini diselenggarakan setiap bulan Oktober di kota Munich Jerman. Awalnya acara ini bukanlah festival namun acara pernikahan kerajaan namun kini digunakan sebagai festival.

Pada acara ini di kota Munich banyak didirikan tenda-tenda yang menjual makanan, wine, pernak pernik dan tentu saja beer. Beera merupakan yang paling dinanti dalam festival ini. Setiap tahunnya Oktoberfest bisa dikunjungi oleh 7 juta orang yang menghabiskan 8 juta liter beer.

budaya jerman

Karneval di Cologne

Festival yang kedua ini sebenarnya berasal dari Venice untuk memperingati berubahnya New Orleans menjadi Rio de Janeiro. Festival ini diselenggarakan hampir di seluruh dunia, di Jerman penyelenggaraan festival ini sangat unik yaitu menggunakan kostum untuk selama 2 minggu dan diadakan parade.

Acara puncak dilakukan pada ‘Rose Monday’ yaitu dengan 74 dekorasi melayang and 97 traktor, 50 food truck dan karnaval berjalan sepanjang 6 km yang diadakan selama 3 jam. Kebudayaan minum dan berdansa dilakukan selama festival ini berlangsung.

Asparagus dan Onion Festival di Schwetzingen dan Weimar

Festival lain yang merupakan kebudayaan negara Jerman lainnya adalah asparagus dan onion festival. Sesuai namanya, festival ini diadakan untuk menghormati dan mengucapkan rasa syukur atas hasil panen yang didapatkan.

Makanan Jerman sangat terkenal di seluruh dunia khususnya untuk daging dan kentang. Oleh karena itu banyak warga Jerman yang mendedikasikan hidupnya untuk menjadi petani.

Pemikiran untuk menjadi petani menjadikan kebudayaan bertani sangat penting khususnya pada masa panen. Hampir di seluruh kota memiliki festival untuk merayakan setiap masa panen. Festival yang paling besar digelar di Wimar untuk merayakan penan bawang dan di Schwetzingen untuk merayakan panen asparagus.

Jika berkunjung saat festival ini berlangsung tidak hanya dapat membeli hasil panen yang masih baru dan berbagai makanan khas tradisional bisa kamu cicipi.

Baca Juga  Mengenal Lambang Negara Jerman dan Gambaran Umum Negara Jerman

Berlinale, Berlin

Selain perayaan panen dan pesta kostum, adapun festival yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1978 dan diselenggarakan setiap tahunnya. Festival ini adalah Berlinale yaitu festival film di seluruh dunia. Lebih dari 400 film diputar dan memperebutkan 20 hadiah yang disediakan.

Festival ini berbeda dengan festival film yang lainnya karena bisa juga diakses oleh orang-orang yang bukan termasuk dalam industri film. Walaupun adapun red carpet yang diikuti oleh aktor dan aktris ternama. Tiket umum bisa didapatkan untuk satu kali pemutaran film, jadi siapa saja boleh ikutan menonton.

Sekian pembahasan tentang budaya Jerman semoga bermanfaat.

Baca Juga  Mempersiapkan Diri Masuk ke Program Ausbildung Di Jerman

(Visited 312 times, 3 visits today)
Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Felichyta Yuliarti
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *