Menghitung Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa

Posted on

Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa – Karena hampir semua universitas di Jerman memberlakukan kebijakan kuliah gratis, maka yang perlu kita pikirkan tentang biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa atau secara mandiri adalah biaya kecil di sekitarnya.

Berikut ini adalah gambaran biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa, termasuk perhitungan administrasi imigrasi dan biaya kehidupan sehari-hari.

Bagi mahasiswa yanng kuliah di wilayah Negara Bagian Baden-wurttenberg, memang akan dikenakan biaya sebesar 1500 euro per semester atau 300 euro per tahun. Apabila dihitung dalam mata uang rupiah, jumlahnya adalah sekitar 48 juta rupiah.

Sementara itu, bagi mahasiswa yang kuliah di universitas yang terletak di luar wilayah negara bagian Baden-wurttenberg, hanya perlu memperhitungkan biaya sebagai berikut.

Biaya Jaminan Visa Studi

Ketika kita akan mauk ke Jerman sebagai mahasiswa, maka kita diwajibkan untuk menunjukan bukti kepemilikan aset tabungan uang sebesar €8700. Bukti kepemilikan aset uang ini akan digunakan ketika mengajukan permohonan visa nasional atau izin tinggal lebih dari 3 bulan.

Biaya yang harus kita keluarkan sebagai jaminan visa studi ini terbilang menjadi jumlah yang paling besar dari semua yang akan dibutuhkan. Meskipun begitu, sebenarnya biaya jaminan visa ini bisa diambil atau dipakai untuk keperluan sehari-hari. Akan tetapi, jumlahnya harus kembali seperti semula ketika tiba masa perpanjangan visa, yaitu 90 hari.

Biaya Student Card

Salah satu biaya yang wajib dikeluarkan oleh mahasiswa di Jerman (biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa), di semua universitas negeri atau swasta, adalah biaya setoran untuk (semacam) student card. Keguunaan kartu ini bukan sebagai identitas, melainkan sebagai tiket masuk fasilitas umum atau festival budaya di sekitar kampus dengan kuota tertentu.

Baca Juga  Beberapa Beasiswa S2 jerman

Besar biaya yang harus kita keluarkan untuk student card ini akan berbeda-beda, bergantung pada wilayah kampus itu berada. Apabila terdapat banyak fasilitas umum di sekitar kampus dan pelayannya cukup lengkap, maka biaya yang ditarifkan per bulan kepada mahasiswa juga akan semakin mahal.

Kebanyakan universitas di Jerman akan membebankan sekitar 250 euro per semester bagi mahasiswa, kuota di dalamnya akan hangus dipakai atau pun tidak dipakai.

Asuransi Kesehatan

Biaya asuransi kesehatan untuk pelajar atau mahasiswa internasional di Jerman adalah sekitar €80 per bulan atau sekitar 1,3 juta rupiah. Meskipun terhitung sebagai biaya yang akan kita keluarkan diluar administrasi universitas(biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa), kepemilikan asuransi kesehatan ini juga termasuk yang paling penting setelah aset jaminan visa.

Tempat Tinggal

Seperti juga yang ada di Indonesia, harga sewa tempat tinggal di Jerman tentu akan bergantung pada letak indekos itu berada. Untungnya tidak semua metropolitan di Jerman identik dengan biaya sewa tempat tinggal yang mahal, bahkan ada yang lebih murah ketimbang non metropolitan.

Jika dirata-rata, harga untuk menyewa sebuah tempat tinggal khusus mahasiswa adalah sekitar €210 per bulan atau sekitar 3 juta rupiah. Harga tersebut belum termasuk biaya listrik yang mungkin akan sekitar €100 setiap bulan atau 1,6 juta rupiah dan juga internet.

Kita juga harus memperhitungkan pengeluaran untuk peralatan belajar, terutama biaya untuk fotocopy yang lebih mahal dibanding di Indonesia. Kita juga harus menganggarkan uang belanja untuk pakaian karena akan menyesuaikan musim yang terjadi.

Itulah tadi uraian singkat mengenai biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa, termasuk juga biaya untuk administrasi imigrasi dan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah yang Perlu Kamu Tahu

 

(Visited 9 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *