biaya hidup di jerman

Ingin Study Ke Jerman? Ini Gambaran Biaya Hidup di Jerman

Posted on

Biaya Hidup di Jerman– Diantara banyaknya negara di Benua Eropa, Jerman menjadi salah satu negara tujuan untuk belajar ataupun bekerja. Pasalnya, biaya hidup di Jerman yang ternyata relatif lebih terjangkau.

Biaya hidup di Jerman akan dipengaruhi dua faktor, yaitu kota tempat berdomisili dan juga gaya hidup. Seberapa besar biaya  di kota Munchen namun jika gaya hidup yang “biasa” akan lebih murah dibanding berdomisili di kota Zurich namun gaya hidup “wah”.

biaya hidup di jerman

Gambaran termurah mengenai biaya hidup di Jerman adalah sekitar 450 Euro perbulan yang jika ditukar dengan Rupiah dengan kurs Rp 17.000 berarti sekitar Rp 7.650.000. Namun, biaya tersebut akan dapat dijangkau di kota-kota kecil di Jerman.

Baca Juga  Ini Pentingnya Ikut Les Bahasa Jerman Bagi Anak

Artinya, jika berdomisili di kota seperti Munich, Berlin, Muenchen, Frankfurt, Hamburg yang biaya transportasi dan akomodasinya lebih mahal maka akan lebih mahal juga biaya  di Jerman.

Beberapa daftar biaya hidup di Jerman meliputi:

1. Biaya Sewa Tempat Tinggal

Rata-rata sewa akomodasi untuk pelajar akan jauh lebih murah di asrama dibandingkan sewa flat atau apartemen sendiri, hal ini akan menekan biaya hidup di Jerman secara keseluruhan.

Untuk sewa asrama biasanya berkisar antara 220-270 Euro perbulannya sudah termasuk listrik, heater, internet dll. Sedangkan bagi pekerja akan membutuhkan biaya  di Jerman yang lebih tinggi untuk sewa flat atau apartemen termurah yang berkisar 270-310 Euro.

2. Asuransi Kesehatan

Biaya di Jerman yang wajib dianggarkan adalah untuk asuransi kesehatan setiap bulannya. Bagi pelajar biasanya akan diwajibkan menggunakan insurance state company yang berkisar 90 Euro sampai batas umur 30 tahun. Setelahnya akan naik menjadi sekitar 150 Euro perbulan.

 

3. Biaya Transportasi Umum

Kebanyakan para pelajar maupun pekerja terutama yang berasal dari luar Jerman lebih memilih transportasi umum seperti bis, kereta dalam kota (U-Bahn), kereta antar kota (S-Bahn) dan tram (Strassenbahn). Selain murah, sangat cepat dan aman.

Bagi pelajar ada semester ticket yang berkisar 185 Euro berlaku 6 bulan sedangkan untuk pekerja biaya  di Jerman sedikit lebih mahal sekitar 60 Euro (reguler) atau 50 Euro (berlanganan).

Ada pilihan lain yang lebih menekan biaya sehari-hari di Jerman yaitu menggunakan sepeda. Hemat pengeluaran dan sayang lingkungan, bukan?

Baca Juga  Apa Itu Konjugasi dalam Kata Kerja Bahasa Jerman?

4. Biaya Makan

Nah, kalau soal biaya makan ini akan bergantung pada kebiasan makan individu. Biaya di Jerman dapat ditekan atau bengkak dari sini. Sebagai gambaran saja, jika makan di luar sekitar 200 Euro sedangkan memasak sendiri sekitar 100 Euro perbulan.

5. Biaya Telepon/Internet

Biaya hidup di Jerman untuk pulsa telepon sekitar 10 Euro dan berlangganan Wifi di flat sekitar 10 Euro perbulan. Totalnya adalah 20 Euro.

Beginilah gambaran biaya di Jerman dengan perkiraan yang paling standar dan umum. Total dari keseluruhan biaya di Jerman sesuai gambaran tersebut adalah sekitar 550 Euro perbulan belum termasuk biaya kebutuhan di awal pindah dan juga faktor gaya hidup.

Baca Juga  Kuliah Gratis? Begini Tips dan Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman

Bob Sadino mengatakan “Bergayalah sesuai dengan isi dompetmu!”

Semoga bermanfaat!

(Visited 43 times, 1 visits today)
Rina Hutapea

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Rina Hutapea
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *