Bentuk Pemerintahan Jerman: Mulai Kekaisaran Hingga Federasi

Posted on

Bentuk Pemerintahan Jerman- Republik Federal Jerman atau yang lebih kita kenal dengan Jerman merupakan sebuah negara di Eropa bagian Barat yang berbentuk federasi. Pada awalnya, bentuk pemerintahan Jerman adalah kekaisaran.

Namun, setelah perang Prancis dan Rusia pada tahun 1870 – 1871, bentuk pemerintahan Jerman berubah menjadi bentuk federasi dengan sistem pemerintahan parlementer, dimana pemegang pemerintahan Jerman adalah seorang kanselir. Kanselir pertama Jerman adalah Otto Von Bismarck.

Baca Juga  Jadikan Mimpi Menjadi Kenyataan Inilah 8 Cara Kuliah di Jerman

Pemerintahan Jerman dipegang oleh kanselir yang memiliki tugas seperti perdana menteri. Jabatan kanselir secara otomatis akan diraih oleh kandidat utama dari partai pemenang pemilihan umum federal. Jerman memiliki enam partai politik utama. Posisi presiden di Jerman hanya sebagai simbol negara dan lebih bersifat seremonial.

Pada tahun 1933, demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang dianut oleh Jerman, meskipun tidak berlangsung lama. Pemerintahan Jerman pernah dipegang oleh NAZI, sebuah rezim otoriter di bawah pimpinan Adolf Hitler yang membawa kehancuran pada perang dunia II.

Ketika itu, Jerman terbagi menjadi dua, yaitu Jerman Timur (Republik Demokratik Jerman) dan Jerman Barat (Republik Federal Jerman). Namun, Jerman kehilangan wilayah timurnya ketika mengalami kekalahan pada perang dunia II, yang mengakibatkan pemerintahan Jerman berkedudukan di Jerman Barat.

Pada tahun 1990, Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu kembali setelah terjadinya peristiwa runtuhnya tembok Berlin. Sistem pemerintahan saat itu pun berubah menjadi sistem pemerintahan demokrasi yang mengedepankan hak-hak asasi manusia.

Parlemen pada pemerintahan Jerman lebih dikenal dengan istilah Bundestag. Bundestag merupakan lembaga perwakilan rakyat tertinggi yang berdiri berdasarkan konstitusi Jerman pada tahun 1949.

Baca Juga  Kuliah Gratis? Begini Tips dan Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman

Bundestag juga merupakan lanjutan dari Reichstag pada masa Reich Jerman. Ketua parlemen Jerman disebut dengan Presiden Bundestag, dan sejak tahun 2005, presiden Bundestag adalah Norbert Lammert.

Selain Bundestag, Jerman juga memiliki Bundesrat, yaitu beranggotakan perwakilan-perwakilan pemerintahan dari negara-negara bagian di Jerman. Bundesrat seringkali disamakan dengan posisi senat pada negara lain, walaupun pada kenyataannya Bundesrat memiliki wewenang yang berbeda dengan senat.

Sebagai negara federasi, Jerman memiliki 13 negara bagian, yaitu Bayern (Bavaria), Baden-Württemberg, Brandenburg, Hessen, Mecklenburg-Vorpommern, Niedersachsen, Nordrhein-Westfalen, Rheinland-Palatinate, Saarland, Sachsen, Saxony-Anhalt, Schleswig-Holstein, dan Thüringen.

Baca Juga  Contoh Percakapan Bahasa Jerman Sehari-hari Untuk Pemula

Jerman juga memiliki tiga kota yang setingkat dengan negara bagian yaitu Berlin, Bremen, dan Hamburg. Negara bagian di Jerman diperintah oleh seorang perdana menteri. Negara bagian jerman juga memiliki parlemen.

Nah, itu tadi bentuk pemerintahan Jerman, mulai dari kekaisaran hingga federasi. Semoga bermanfaat!

(Visited 57 times, 1 visits today)
Rina Hutapea

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Rina Hutapea
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *