Cara dan Aplikasi Kompres Foto

Posted on

Aplikasi Kompres Foto – Tidak jarang kita menemui persyaratan untuk mengunggah gambar dengan kualitas baik, tetapi dengan ukuran file yang kecil. Untuk mendapatkannya, kita harus melakukan pengompresan dengan berbagai cara.

Cara Mengompres Foto

Pertama, pengompresan bisa dilakukan dengan mengurangi ukuran dimensi foto(panjang x lebar) melalui beberapa aplikasi familier seperti Adobe Photoshop atau pun Paint. Kita juga mengakali ukuran file foto yang terlalu besar dengan cara memasukkan foto ke Ms Word, memperkecil dimensi dengan cara men-drag, dan memasukkannya ke paint.

Akan tetapi, pengompresan dengan cara mengurangi ukuran dimensi foto tersebut kerap kali membuat kualitas foto menurun jauh dan justru tidak memenuhi persyaratan tertentu. Dengan arti lain, ini bukan cara yang terbaik.

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengompres foto, baik menurunkan dimensi atau pun ukuran foto adalah dengan menggunakan aplikasi. Cara ini lebih baik digunakan karena menjanjikan kualitas foto yang lebih baik.

Kita dapat menginstal aplikasi-aplikasi kompres foto di komputer dan menggunakannya dengan cukup mudah. Ukuran file unduh dan instalnya pun lazimnya cukup kecil.

Aplikasi Kompres Foto

Berikut ini adalah beberapa aplikasi kompres foto (kompres foto, cara kompres foto, aplikasi kompres foto, kompres gambar, aplikasi memperkecil ukuran foto, aplikasi mengecilkan ukuran foto) yang baik digunakan menurut https://www.babastudio.com yang tentunya gratis.

1. Fileminimizer Picture

Aplikasi diklaim mampu mengompres sebuah foto hingga 98% menjadi lebih ringan dengan kualitas yang baik. Apalagi, di dalamnya terdapat tools yang membuat kita dapat mengompres foto dengan jumlah yang banyak secara bersamaan.

Software kompres foto gratis ini pun juga sudah terintegrasi dengan akun Facebook sehingga kita dapat mengunggah foto hasil kompres ke akun Facebook secara langsung.

Untuk kamu yang ingin mencoba aplikasi ini, bisa mengunduh secara legal dan gratis di website resmi Fileminimizer Picture, yaitu:
http://www.balesio.com/fileminimizerpictures/eng/download.php.

2. Kraken.io

Kita dapat memperkecil ukuran sebuah foto secara online menggunakan Kraken.io. Foto yang dapat dikompres pun bisa berbagai ekstensi, mulai dari JPEG, JPG, PNG, GIF, dan lain-lain. Hasil kompres foto melalui aplikasi ini tentunya sudah dijamin tidak akan signifikan mengurangi kualitas gambar.

Kita akan diberi pilihan mengenai kualitas gambar yang nantinya akan didapat. Di dalam Kraken.io, terdapat pembagian menjadi dua jenis, yaitu Lossless dan Lossy. Lossless adalah sebuah teknik kompres gambar yang tidak akan mengubah pixsel gambar.

Metode Lossless tersebut sangat mengutamakan kualitas gambar yang dikompres, sehingga kita tidak perlu khawatir gambar akan menjadi buram atau kurang ketajamannya.

Baca Juga  Daftar Aplikasi Foto Grid

Metode selanjutnya yang ada pada Kraken.io adalah Lossy, dimana tekniknya akan menggunakan algoritma khusus. Algoritma tersebut akan mengompres gambar hingga sekecil yang kita mau. Fotmat dari output kompresan tersebut juga dapat kita tentukan sendiri.

Bahkan, format yang disediakan oleh Kraken.io juga tersedia dalam bentuk extension yang dapat digunakan di aplikasi mesin pencari Google Chrome dan Firefox. Kamu bisa mengunjungi website resminya https://kraken.io/web-interface untuk melakukan pemasangan.

3. PNGGauntlet

Aplikasi kompres foto gratis lainnya yang juga sangat berkualitas adalah PNGGauntlet. Seperti namanya, aplikasi gratis untuk PC ini hanya memberikan ekstensi output gambar dalam format PNG saja. Akan tetapi untuk ekstensi input bisa semua ekstensi gambar seperti JPG, JPEG, GIF, TIFF, dan juga BMP.

Bagi seseorang yang sudah terbiasa mengolah foto dan gambar, pastilah tahu bahwa ekstensi PNG memang jauh lebih menjanjikan kualitas sebuah foto. Dengan begitu, kita sebenarnya tidak dirugikan dengan tidak adanya pilihan format file output selain PNG.

Dengan menggunakan aplikasi(kompres foto, cara kompres foto, aplikasi kompres foto) ini, meskipun size gambar menjadi berkurang tetapi hasil kompres gambarnya akan tetap terjaga kualitasnya.

Aplikasi ini sangat sesuai digunakan oleh seorang yang amatir karena sangat mudah penggunaannya, memiliki tampilan yang sederhana dan user friendly namun tetap kaya akan fitur.

Akan tetapi, untuk menginstal dan menjalankan aplikasi ini, kita harus sudah menggunakan atau memperbaharui Microsoft Framework 4.0 terlebih dahulu. Dengan demikian, memang ada spesifikasi minimum software dan hardware yang kita gunakan.

Apabila sudah memiliki spesifikasi minimum tersebut, PNGGauntlet dapat kamu download di website resminya yaitu https://pnggauntlet.com/ dan kemudian menginstalnya secara mudah.

4. JPEGmini

Aplikasi kompres foto JPEGmini dapat digunakan untuk mengompres ukuran gambar hingga 80% lebih ringan, tetapi diklaim tanpa mengurangi atau merusak kualitas gambar secara signifikan.

Aplikasi(kompres foto, cara kompres foto, aplikasi kompres foto) ini menggunakan algoritma dengan teknik kompresi terbaru. Dengan begitu, gambar hasil kompres dapat kita upload langsung ke internet melalui sosial media, seperti di Facebook.

Nah, jika kamu tertarik dengan aplikasi(kompres foto, cara kompres foto, aplikasi kompres foto) yang satu ini, kamu bisa download di website resminya yaitu http://www.jpegmini.com/

5. Riot

Namanya yang cukup unik sebanding dengan hasil kerja aplikasi kompres (kompres foto, cara kompres foto, aplikasi kompres foto) yang satu ini.

Baca Juga  Pengertian dan Cara Membuat Footnote

Aplikasi RIOT atau kependekan dari Radical Image Optimization Tool, digunakan untuk mengompres gambar tanpa mengurangi kualitas gambar secara signifikan sehingga terlihat tidak berbeda kualitasnya.

Kita dapat mengoptimasi sebuah gambar secara real time menggunakan aplikasi ini. Apalagi, secara keseluruhan tampilan aplikasi (kompres foto, cara kompres foto, aplikasi kompres foto) ini sangat sederhana sehingga mudah digunakan.

Aplikasi gratis ini akan menyediakan cara kompres gambar secara manual dan otomatis, serta berbagai pengaturan kualitas foto yang dapat sesuai dengan masing-masing kebutuhan pengguna.

Untuk kamu yang tertarik dan membutuhkannya, kamu dapat mendownload aplikasi ini di website resminya, yaitu http://luci.criosweb.ro/riot/

Itulah tadi beberapa cara dan aplikasi kompres (kompres foto, cara kompres foto, aplikasi kompres foto) yang bisa digunakan secara gratis. Mengurangi ukuran foto memang akan berpengaruh pada kualitas pixels sehingga sedikit banyak mengompresan tetap akan mengurangi kualitas foto. Untuk mendapatkan hasil yang sebanding, kita juga dapat menggunakan aplikasi android.

Aplikasi Kompres Foto Android

Selain mengompres foto menggunakan aplikasi PC di atas, kita juga adapat mengompres foto menggunakan aplikasi(kompres foto, cara kompres foto, aplikasi kompres foto) yang dipasang pada perangkat seluler.

Beberapa aplikasi berikut adalah versi android dari aplikasi PC di atas, sementara yang lainnya adalah versi original android yang bisa diunduh di Playstore.

1. Photo Compress 2.0

Beberapa fitur yang terdapat dalam Photo Compress 2.0 versi android bisa dibilang lumayan lengkap. Aplikasi ini memiliki fitur kompres gambar, crop (potong gambar), dan resize gambar, dengan tanpa mengurangi kualitas gambar secara signifikan.

Terdapat juga juga fitur quick compress dan resize, sehingga kita juga bisa langsung membagikan hasil foto melalui media sosial. Hal terbaiknya adalah bahwa data EXIF dari foto kita sebelumnya, tidak akan berubah.

2. Photo Resizer

Aplikasi(kompres foto, cara kompres foto, aplikasi kompres foto)android ini memiliki kemampuan yang hampir mirip dengan Photo Compress 2.0, yaitu dapat digunakan untuk mengecilkan foto tanpa mengurangi kualitas foto, dan juga fitur share.

Aplikasi Photo Resizer juga tidak akan menghilangkan foto asli dan menyediakan beberapa pilihan resolusi yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *