apa itu toefl

Apa Itu TOEFL, Manfaat, dan Materi Apa Saja Yang Diujikan

Posted on

Apa Itu TOEFL– Pernahkah kamu melihat pengumuman beasiswa maupun lowongan kerja di perusahaan multinasional yang mempersyaratkan sertifikat TOEFL? Sayang dong kalau peluang emas terlewatkan gara-gara tidak punya sertifikat TOEFL.

Di jaman sekarang ini sertifikat TOEFL penting lho, tapi memang masih banyak yang belum memahami betapa pentingnya memiliki sertifikat TOEFL. Nah, yuk kita ulas bersama apa itu TOEFL dan kegunaannya di masa sekarang.

apa itu toefl

Apa Itu TOEFL?

TOEFL atau test of English for foreign language adalah tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris orang-orang dari negara yang berbahasa ibu bukan bahasa Inggris. Tes TOEFL umumnya digunakan untuk mendaftar kuliah di universitas-universitas terkemuka di dunia, seperti di Amerika, Eropa, serta negara-negara lainnya.

Selain itu, sekarang ini tes TOEFL juga diujikan dalam seleksi program pascasarjana universitas dalam negeri, BUMN, dan beberapa perusahaan multinasional. Jika ingin lolos, seorang peserta harus mencapai batas minimal nilai TOEFL yang dipersyaratkan institusi tersebut.

Baca Juga  Apa Itu Sertifikat TOEFL Dan Bagaimana Mendapatkannya

Tujuan tes TOEFL adalah untuk menguji kemampuan bahasa Inggris dari beberapa aspek, yaitu mendengar (listening), membaca (reading), dan pemahaman tata bahasa (grammar).

Sekilas nampak materi yang diujikan mirip dengan tes bahasa Inggris di sekolah, tapi tentu saja bobot tes TOEFL jauh berbeda dibanding materi tes bahasa Inggris di sekolah.

Jika materi tes bahasa Inggris di sekolah berdasarkan kurikulum yang telah diajarkan, maka tes TOEFL bersifat general dengan bobot yang pastinya lebih berat daripada tes di sekolah.

Jenis-Jenis TOEFL

Terdapat tiga jenis tes TOEFL dengan metode pengerjaan soal yang berbeda pula, yaitu PBT (Paper Based Test), CBT (Computer Based Test), dan IBT (Internet Based Test).

1.PBT (Paper Based Test)

Tes TOEFL dengan media kertas ini merupakan bentuk test TOEFL paling konvensional. Saat ini PBT-TOEFL sudah tidak digunakan lagi di lingkup internasional, namun masih ada beberapa instansi di Indonesia yang masih mau menerima hasil tes TOEFL dengan metode ini.

Materi yang diujikan dengan metode PBT ini adalah listening (50 soal), structure (40 soal), dan reading (60 soal). Waktu yang disediakan untuk mengerjakan soal adalah 2 sampai 2,5 jam. Sementara rentang nilai atau skor berkisar antara 310 sampai 677.

2.Grammar structure and written expression

CBT atau tes berbasis komputer ini menggunakan software resmi dari ETS sebagai media ujiannya. Semua soal ditampilkan pada komputer menggunakan software interaktif.

Terdapat 4 materi yang diujikan dalam CBT-TOEFL yaitu listening, structure, reading, dan writing. Hampir sama dengan PBT, metode CBT-TOEFL juga berlangsung selama 2 sampai 2,5 jam dengan rentang skor antara 0 sampai 300.

3.IBT (Internet Based Test)

Seiring dengan perkembangan internet, pada tahun 2005 IBT-TOEFL mulai diberlakukan di berbagai negara. Jenis tes secara online inilah yang sekarang berlaku secara internasional. Bahkan universitas di luar negeri menjadikan IBT-TOEFL sebagai syarat wajib yang harus dipenuhi calon mahasiswanya.

Pada IBT-TOEFL, terdapat 4 materi yang harus diselesaikan dalam waktu 4 jam, yaitu writing, reading, listening, dan speaking. Yang unik dari IBT-TOEFL adalah adanya tes kombinasi, yaitu satu soal tetapi memuat lebih dari satu materi. Misalnya ada soal reading yang dikombinasikan dengan penjelasan dalam bentuk audio (listening).

Bagian-Bagian Dalam Tes TOEFL

Bagian-bagian pada tes TOEFL tergantung jenis TOEFL yang diikuti. Jika diamati, materi tes dengan metode CBT-TOEFL terlihat lebih lengkap untuk menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang. Sebagai gambaran awal materi yang diujikan pada tes TOEFL, berikut ini penjelasan mengenai tahapan-tahapan tes TOEFL

1.Listening comprehension

Bagian ini bertujuan untuk menguji kemampuan seseorang dalam mendengar percakapan bahasa Inggris. Peserta akan mendengarkan percakapan dalam bentuk rekaman suara, kemudian menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan percakapan tersebut.

Waktu yang disediakan untuk menyelesaikan bagian ini sekitar 30-40 menit. Biasanya terdapat 2 hingga 3 jenis percakapan, baik percakapan pendek (short conversations), panjang (long conversations), maupun pidato. Setiap percakapan akan diikuti dengan sejumlah pertanyaan pilihan ganda.

Baca Juga  Daftar Tempat Kursus TOEFL Jakarta Paling Recomended

2.Grammar structure and written expression

Bagian tes TOEFL ini tujuan utamanya adalah untuk mengukur kemampuan dalam memahami grammar atau tata bahasa. Pada grammar structure, kamu diharuskan melengkapi kalimat dengan kata yang tepat. Sedangkan pada written expression, kamu harus memilih kata yang salah pada kalimat. Kamu harus menyelesaikan sesi ini dalam waktu 25 menit.

3.Reading comprehension

Pada sesi ini, kamu akan dihadapkan dengan 4 sampai 5 teks yang harus dibaca. Setiap teks akan disertai dengan pertanyaan yang berhubungan dengan isi, topik, arti kata, ataupun informasi yang terkait dengan artikel tersebut.

Semua pertanyaan diberikan dalam bentuk pilihan ganda. Waktu yang tersedia untuk sesi ini adalah 55 menit, sehingga peserta diharuskan fokus agar mampu memahami teks dengan cepat.

4.Writing

Sesi ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam membuat sebuah tulisan yang baik dan sesuai dengan kaedah tata bahasa Inggris. Biasanya kamu diharuskan menulis dua buah essay yang diselesaikan dalam waktu 50 menit. Essay pertama merupakan gabungan uji kemampuan membaca, menulis, dan mendengar.

Kamu akan diberikan sebuah artikel yang harus dibaca dalam waktu 3 menit. Setelah itu, kamu akan mendengar seseorang berbicara mengenai topik yang sama. Dan kamu diharuskan membuat rangkuman sebanyak 150-225 kata dalam waktu 20 menit.

Pada essay kedua, kamu diharuskan menulis essay bebas menurut opini kamu mengenai sebuah topik yang telah ditentukan. Kamu akan diberikan waktu selama 30 menit untuk membuat essay sebanyak 300-350 kata. Essay kedua ini akan menguji kemampuan kamu dalam mengungkapkan argumen dalam bentuk tulisan berbahasa Inggris

Manfaat TOEFL

Tes TOEFL penting untuk diikuti karena akan memberikan banyak manfaat, diantaranya

1.Pengembangan karir

Sertifikat TOEFL menjadi bukti kemampuan bahasa Inggris seseorang, sehingga akan menunjang pengembangan karir seorang karyawan. Apalagi bagi orang yang bekerja di perusahaan asing, ada kemungkinan seorang karyawan diberi kesempatan untuk bertugas di luar negeri selama beberapa waktu.

2.Syarat mendaftar kuliah di luar negeri

Calon mahasiswa yang mau kuliah di luar negeri, maka sertifikat TOEFL menjadi syarat yang tidak bisa ditawar lagi. Sertifikat TOEFL hanya bisa didapat dengan mengikuti tes TOEFL secara resmi.

3.Untuk mendapatkan beasiswa

Program beasiswa luar negeri, bahkan dalam negeri juga diharuskan menyertakan sertifikat TOEFL sebagai persyaratan administrasi mereka. Dengan adanya sertifikat TOEFL, akan membuka peluang mendapatkan beasiswa ke seluruh negara di dunia yang menggunakan bahasa Inggris.

4.Syarat bekerja

Beberapa BUMN, kementerian, dan perusahaan multinasional juga mensyaratkan nilai minimal TOEFL dalam proses rekrutmen mereka. Saat membuka lowongan seringkali terdapat persyaratan yang berbunyi “mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan (TOEFL minimal 500)”

Baca Juga  Tempat Kursus TOEFL IBT Jakarta Paling Bagus

Nah, demikian tadi ulasan mengenai TOEFL. Setelah mengetahui gambaran tentang apa itu TOEFL, langkah berikutnya adalah bagaimana mempersiapkan diri agar sukses dalam tes TOEFL tersebut. Kunci sukses tes TOEFL adalah persiapan yang tepat serta banyak latihan soal.

Untuk informasi persiapan TOEFL, kamu bisa konsultasi di Westwood Prep  dengan menghubungi (021)-52-9000-15/ 0812-100-600-75 atau klik aja baner di bawah ini untuk informasi selengkapnya, sekian untuk artikel tentang apa itu Toefl, semoga bermanfaat.

(Visited 78 times, 1 visits today)
Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Felichyta Yuliarti
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *