Memahami Apa Itu Spam

Posted on

Apa Itu Spam – Pemahaman mengenai apa itu spam, dapat diartikan sebagai penggunaan sistem pesan elektronik untuk mengirim pesan secara berulang atau massal. Sebuah pesan dapat kita golongkan sebagai spam jika dalam artian pesan tersebut tidak diminta atau tidak diharapkan.

Pada awalnya spam digunakan untuk menyebut pesan masal di surel. Namun, istilah spam kemudian digunakan juga untuk berbagai lini masa. Misalnya, postingan di media sosial yang berulang atau terlalu banyak dalam waktu yang singkat.

Meskipun ada banyak orang yang menyadari pesan spam sangatlah tidak penting, tetapi diperkirakan pengiriman spam mencapai hampir 7 triliun hingga tahun 2011 yang lalu. Hal ini ini menggambarkan betapa spam masih sangat dipercaya untuk tujuan tertentu.

Motif Spam

Spam umumnya dilakukan dengan tujuan tertentu, seperti pengiklanan suatu produk atau pengendalian psikologis supaya tersugesti pesan yang ada pada spam tersebut. Ada juga spam yang berisi malware atau virus.

Bahkan, ada juga pesan yang sebenarnya bukan virus tetapi memberitahukan seolah-olah virus, sehingga kita harus mengikuti instruksi yang diberikan supaya terbebas dari masalah. Padahal, tidak ada masalah sama sekali.

Apabila ada seseorang yang merespon pesan spam tersebut, maka hal itu akan menguntungkan bagi pelaku spam. Setidaknya, penerima akan membuka website yang diharapkan oleh pengirim spam. Selain itu, banyak juga apa itu spam yang dilakukan dengan tidak berdasar. Dengan arti lain, pelaku spam hanya ingin membuat kotak penyimpanan pesan kita penuh.

Spam tidak hanya berasal dari negara yang sama dengan penerima. Justru, spam banyak berasal dari negara lain yang menggunakan bahasa berbeda dengan penerima spam. Dengan begitu, pesan spam sebenarnya tidak akan dimengerti.

Spam Menurut Pandangan Hukum

Karena dirasa mengganggu, spamming atau melakukan spam dianggap tidak etis. Meskipun begitu, bagi pelaku spam, cara ini memang sangat baik digunakan untuk mendapatkan hasil tertentu. Hal itu karena untuk melakukan spam kita tidak akan memerlukan biaya yang besar atau bahkan hampir gratis.

Lagipula, apa itu spam bisa dilakukan dengan cara komputasi atau tidak secara manual mengirim datu per satu. Pelaku bisa memanfaatkan sistem bot untuk mengirim ke banyak alamat dalam waktu yang berulang. Dengan begitu, terbayang betapa praktisnya hal ini dilakukan.

Berbagai Bentuk Spam

Ada banyak sekali yang termasuk ke dalam bentuk-bentuk apa itu spam. Misalnya, seperti spam pesan instan, spam mesin pencari, spam block, spam Newsgroup usenet, spam Wiki, spam forum internet, spam iklan baris, spam media sosial, spam fax, dan lain-lain.

Baca Juga  Sejarah Internet di Indonesia Tahun ke Tahun

Untuk beberapa browser, kita juga akan mendapatkan spam berupa notifikasi berita yang tidak kita inginkan. Kita juga dapat menerima pesan pop up yang bertumpuk-tumpuk, sehingga keliru membedakan jendela yang ingin dibuka.

Namun, bentuk spam yang paling umum terjadi adalah spam email. Tanpa mengenal pengirim atau tanpa mengharapkan sebuah pesan diterima, tiba-tiba kita mendapatkan email dengan struktur sama dalam jumlah yang banyak. Biasanya email tersebut berisi penawaran.

Cara Kerja Spam

Pada awal tahun 90-an, spam hanya berasal dari Amerika Serikat. Namun, kini spam bisa berasal dari mana saja. Sayangnya, pelaku spam sangatlah sulit dicari apalagi ditangkap. Terlebih lagi, jumlahnya semakin banyak di berbagai negara.

Spam biasanya dapat muncul ketika kita mendaftarkan alamat email ke situs web tertentu atau memberikan kepada pihak yang kurang dapat dipercaya. Email kita akan dicatat dan dimasukkan ke dalam daftar penerima pesan-pesan tertentu.

Setelah alamat email kita menjadi daftar spammer, kita akan mendapatkan berbagai pesan hingga kotak pesan tersebut penuh. Karena banyak spam yang dikirim bukan dari satu lokasi, atau menggunakan botnet, kita akan menerima pesan yang sama tetapi dari lokasi yang berbeda.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin spam digunakan untuk serangan seperti phising. Phising adalah tindakan untuk mengelabuhi atau menipu atau “mengumpan” untuk mencuri akun tertentu.

Dampak yang Ditimbulkan Spam

Apabila spam yang dikirim hanya berupa informasi mengenai produk, kita bisa secara psikologis tertarik membeli. Namun, kita harus hati-hati, karena bisa saja link pembelian yang ada di situ adalah link palsu. Kerugian bisa diterima apabila spam tidak hanya berisi iklan produk.

Kerugian atau resiko yang akan kita terima dari apa itu spam adalah kinerja dari software yang kita gunakan. Apabila spam tersbut muncul pada surel, maka kinerja surel kita akan menjadi lebih lambat. Begitu pun apabila spam tersebut muncul pada jendela browser.

Bahkan, karena terlalu menerima banyak pesan, kinerja surel akan menurun terutama dalam menerima pesan yang sebenarnya penting. Dengan begitu, kita akan kesulitan untuk mencari atau membedakan mana pesan yang harus dibaca dan yang tidak.

Untuk tingkat perusahaan, kerugian yang ditimbulkan oleh spamming ini bisa sangat besar. Masalah-masalah yang ditimbulkan dalam tingkat perusahaan adalah seperti kehilangan bandwidth, penuhnya penyimpanan Hard Drive, dan sumber daya manusia yang terganggu.

Baca Juga  Pengertian Web Browser dan Macamnya

Kita akan lebih dirugikan apabila spam yang dikirim mengandung malware atau virus. Hal ini bisanya beruba file unduhan. Kita akan menerima virus ketika mengunduh file asing.

Solusi Mengatasi Spam

Sebenarnya, dampak yang ditimbulkan dari apa itu spam sangat sulit untuk dipulihkan. Kita juga sulit untuk mencegah supaya kita tidak terkena spam. Namun, beberapa cara bisa kita coba supaya risiko terkena spam menjadi lebih kecil. Berikut ini adalah beberapa cara yang perlu diperhatikan.

Untuk menghindari apa itu spam di website, ada beberapa plugin yang bisa dipasang sebagai bentuk proteksi. Plugin yang dimaksud akan bergantung pada paltform web yang digunakan.

Preventive protection: Jangan sembarangan mendaftar sebuah akun yang mengharuskan kita untuk menuliskan alamat email. Misalnya, game online yang muncul di bilah pengiklanan secara tidak meyakinkan.

Game tersebut bisa saja hanya berupa pancingan supaya kita memasukkan alamat email sebagai pendaftaran. Padahal, game tersebut tidak pernah benar-benar bisa dimainkan.

Corrective protection: gunakan aplikasi pembersih atau aplikasi proteksi supaya dapat mengenali spam dan menghentikannya. Aplikasi-aplikasi yang dimaksud harus dapat melakukan analisis bentuk pesan dan menahan pesan yang sama untuk dikirimkan.

Kita dapat melaporkan sebuah pesan yang kita curigai sebagai apa itu spam dengan cara (yang paling umum) menekan tombol titik tiga, laporkan sebagai spam. Namun, hal itu biasanya tidak efektif. Pada aplikasi profesional, pesan yang terindikasi spam bisa langsung diblokir supaya tidak masuk dan memenuhi kotak pesan.

Itulah tadi uraian mengenai apa itu spam. Jika kita mendapatkan spam, sebaiknya tidak perlu dibuka. Apabila spam tersebut otomatis terbuka, maka usahakan untuk tidak panik dan tidak langsung klik pada tombol mana pun.

Tombol close panel adalah satu-satunya cara untuk menutup apa itu spam di website. Jangan sekali-kali percaya pada instruksi yang dianjurkan oleh apa itu spam. Apalagi, memasukkan informasi kontak.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *